ILUSI

ILUSI
Google

Jumat, 05 Desember 2008

Calon Jamaah Haji Gaza

Detik-detik Tangis Calon Jamaah Haji Gaza
Jumat, 05 Desember 2008 17:58

warnaislam.com — Semakin banyak melihat stasiun televisi di banyak negara Islam menayangkan ragam berita dan putaran liputan ibadah haji di Baitullah, kian menangislah hati calon jamaah haji Gaza. Hanya tiga hari lagi yang tersisa bagi calon jamaah haji Gaza, untuk bisa mewujudkan keinginannya menunaikan ibadah haji. Tiga hari lagi, jamaah haji telah memasuki fase wuquf di Arafah yang menjadi rukun haji. Akankah kesempatan berhaji ke baitullah mereka akhirnya gagal?



Abu Adil, salah seorang calon jamaah haji yang sudah berhari-hari menanti izin pemberangkatan dari pemerintahan Ramallah, mengatakan dengan pilu, “Mungkin kita tak mungkin lagi pergi haji tahun ini. Cita-cita seumur hidup saya bisa ke Makkah, seperti hancur.” Abu Adil dan ratusan calon jamaah haji Gaza memang mulai kehilangan harapan karena mereka pada akhirnya harus tertahan di perbatasan dan tak mungkin diizinkan pergi ke luar Gaza akibat tak ada izin resmi dari pemerintahan Ramallah, dan karenanya tak ada juga visa yang diberikan kepada mereka dari kerajaan Saudi.

Hari-haripun menjadi semakin pedih bagi mereka. Setelah hamper dua tahun diblokade dengan kejam oleh Israel, kali ini mereka semakin terhimpit dada karena tak dibolehkan berangkat beribadah di tanah haram. “Detik demi detik seperti mengiris-iris harapan kami dan membungkam kerinduan kami ke tanah suci. Tak

Lebih terenyuh lagi bila mendengar ungkapan Abu Hisyam, kepada Islamonline, “Untuk pertama kalinya dalam hidup aku keluar untuk pergi haji. Aku sudah persiapakan semuanya untuk hal ini. Tapi sayang kami terpenjara oleh keadaan.”

Para petinggi Hamas terus melakukan lobi ke berbagai pihak, untuk bisa melepas kepergian mereka ke tanah suci. Tapi upaya itu belum berhasil.



penulis :
M. Lili Nur Auliya

PELUANG BISNIS

PENGUNJUNG KE :