ILUSI

ILUSI
Google

Sabtu, 06 September 2008

Karir

Yang Menghambat Karir


Kalau Anda sudah lama bekerja di suatu perusahaan, tapi tak ada satupun kemajuan yang dialami, alias karier Anda hanya jalan di tempat, ada baiknya Anda mulai introspeksi diri.

Mengapa perlu introspeksi diri? Karena, bisa jadi penyebabnya adalah karena Anda memiliki sifat dan tingkah laku negatif yang dapat menghambat kemajuan karier Anda. Nah, untuk memuluskan karier Anda, sebaiknya Anda menghindari atau tidak melakukan hal-hal berikut dibawah ini.

Sering mengeluh
Seberapa sering Anda mengeluh di kantor? Entah itu karena beban pekerjaan yang menumpuk, bos yang menyebalkan, atau fasilitas kantor yang menurut Anda kurang memuaskan. Jika jawabannya sering, ada baiknya Anda mulai berpikir dua kali sebelum mulai mengeluh. Karena banyak mengeluh, akan mempengaruhi hasil kinerja Anda. Kerja jadi kurang bersemangat dan hasilnya pun jadi tidak maksimal. Selain itu, banyak mengeluh pun akan membuat citra Anda jadi negatif di mata bos dan rekan-rekan yang lain.

Menolak tugas baru
Ketika rapat, tiba-tiba si bos memberikan tugas baru kepada Anda tanpa di sebut terlebih dahulu. Anda merasa kesal? Ya, boleh-boleh saja. Tapi harus diingat, tugas baru sama dengan tantangan baru. Jika Anda merasa tidak sanggup, memang tidak ada salahnya mengatakan pada atasan. Tapi jika Anda terlalu sering menolak tugas baru yang akan dibebankan kepada Anda, bisa jadi pimpinan tidak bersimpati kepada Anda. Jadi, jangan heran kalau Anda tak kunjung dapat promosi jabatan. Toh, tak ada salahnya sesekali mencoba tugas baru. Siapa tahu Anda akan menemukan satu keasyikan di sana, dan malah akan jatuh cinta pada pekerjaan tersebut.

Menyelesaikan pekerjaan ala kadarnya
Dalam menyelesaikan pekerjaan, Anda cenderung apa adanya, tanpa adanya keinginan untuk mengerjakan semaksimal mungkin. Yang ada dibenak Anda, selama bos tak berkomentar artinya tidak ada masalah. Pola pikir seperti itu tentunya akan jadi bumerang. Karena ini merupakan satu indikasi bahwa Anda adalah sosok yang tak punya motivasi dan keinginan untuk maju. Anda cukup merasa puas dengan hasil kerja yang seadanya. Kalau sudah begini, jangan mengeluh bila karier Anda mentok.

Sering menghilang
Masih jam kantor, Anda malah sibuk ke luar kantor dan tak kembali hingga dua jam kemudian. Tolong disadari, prilaku negatif seperti ini, menunjukkan bahwa Anda sangat tidak profesional. Akibatnya kredibilitas bisa hancur. Alangkah lebih baik, jika memang punya urusan di luar kantor atau berhalangan masuk kerja, usahakan untuk memberitahu pimpinan atau rekan kerja Anda yang berkepentingan.

Menjauhi atasan
Menghormati atasan, bukan berarti Anda menjauhinya. Jika Anda menjauhi atasan, sama saja dengan menjauhkan promosi. Tak ada salahnya Anda dekat dengan atasan. Asalkan, jangan memberi kesan menjilat. Selama Anda bisa mengambil hati atasan Anda secara positif, itu malah akan memberikan banyak keuntungan pada Anda.

Kurang bergaul
Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan selalu fokus pada pekerjaan memang bagus. Tapi bukan berarti jadi alasan untuk tidak bergaul dengan rekan-rekan kerja yang lainnya. Percuma saja jika Anda memiliki keahlian, tapi tak pandai bergaul dilingkungan kerja Anda. (challenger.org/Warta Kota)

Anna Rakhma
http://takterlupakan.blogspt.com

PELUANG BISNIS

PENGUNJUNG KE :